top of page

Mengapa warna hasil print pada kaos jersey berbeda dengan tampilan layar?


Perbedaan warna antara hasil print jersey dan monitor. Kaos Jersey - Inanotchi


Beberapa diantara kita mungkin pernah memperhatikan jika warna pada layar handphone atau komputer ternyata berbeda dengan hasil cetak/print pada kaos jersey.


Sebetulnya keluhan ini tidak hanya dijumpai pada produk cetak jersey, namun juga terjadi di dunia percetakan lainnya seperti cetak pada media kertas, famplet, brosur, poster dan lain-lain.


Untuk mengetahui penyebab dari perbedaan warna tersebut, maka terlebih dahulu kita perlu mengetahui perbedaan proses warna pada layar komputer atau handphone dengan teknik printing.


Untuk proses menghasilkan warna pada layar komputer atau handphone,

Teknik yang digunakan adalah kombinasi warna dasar RGB (Red Green Blue). Pada layar komputer atau perangkat elektronik lainnya, kombinasi warna RGB bersifat additive atau penjumlahan dan mengarah kepada cahaya yang lebih terang. Sebagai contoh perpaduan antara warna R-G-B dengan intensitas yang sama akan menghasilkan warna putih.

Yang mempengaruhi perbedaan warna layar dan hasil cetak  pada Jersey Printing (Images : Inantchi)
Perbedaan Kombinasi Warna RGB dan CMYK

Sedangkan proses untuk menghasilkan warna pada teknik printing,

Teknik yang digunakan adalah kombinasi warna dasar CMYK (Cyan Magenta, Yellow dan blacK). Kombinasi warna CMYK bersifat subtractive (saling mengurangi) sehingga perpaduan antara warna C-M-Y dengan intensitas yang sama akan menghasilkan warna hitam, namun bukan hitam yang tepat (tidak pekat) karena kelemahan proses kimiawi perpaduan tinta. Warna hitam yang tidak tepat tersebut dan cenderung lebih pudar merupakan alasan komponen warna ke-empat, yakni blacK (K) digunakan agar menghasilkan warna hitam yang pekat.


Contoh yang paling mudah untuk dilihat dalam bentuk visual adalah pemilihan teknik warna RGB dan CMYK yang disediakan pada aplikasi software photoshop atau corel draw seperti yang disajikan pada gambar berikut.




Nah Bro, sudah faham kah mengapa perbedaan warna itu terjadi? :)


Jadi tidak heran, jika warna yang dihasilkan pada layar lebih terang dibandingkan warna hasil cetak. Eksplorasi bermain warna pada layar lebih leluasa dibanding teknik cetak. Pada teknik cetak, faktor jenis media (kain) juga mempengaruhi warna hasil cetak.


Berdasarkan kedua teknik yang berbeda tersebut, maka perbedaan warna antara layar komputer atau handphone dengan hasil cetakan menggunakan tinta pasti terjadi.


Jenis media pun mempengaruhi hasil cetak. Sebagai contoh yang biasa Inanotchi temukan terjadi pada jersey berbahan premium Milano anti UV yang menghasilkan warna lebih “nge-doff” dibandingkan dengan bahan premium Benzema anti UV.


Sekarang,

Solusi mencetak jersey agar warna yang dihasilkan, setidaknya mendekati sesuai keinginan.


1. Menggunakan panduan warna (Color-chart)

Salah satu upaya untuk menyiasati agar warna cetak mendekati warna yang diinginkan yaitu menggunakan color-chart. Color-chart merupakan susunan aneka warna yang dicetak pada media kain untuk dijadikan panduan warna.


Sebelum proses cetak kaos jersey, khusus setting warna yang dicetak 'nge-blok' (warna yang sama pada satu bidang area) disesuaikan kembali menyesuaikan dengan cara melihat kode warna pada color-chart.

Setelah warna disetting berdasarkan panduan warna, selanjutnya dilakukan test-print.


2. Test-Print


Test-print merupakan upaya paling optimal untuk melihat hasil cetak sementara.

Meski begitu warna yang diperoleh bisa jadi masih belum sesuai keinginan.


Hal tersebut dipengaruhi unsur subjektif dari penglihatan secara kasat mata terhadap panduan warna. Terkadang hasil cetak pada area bidang kecil ternyata berbeda ketika diaplikasikan ke area bidang cetak yang lebih besar.


Kendati pun demikian, Inanotchi melakukan beberapa solusi pendekatan untuk menjaga hasil printing sesuai dengan yang diharapkan pelanggan. Cara terbaik yang inanotchi sarankan adalah melakukan pengujian test print pada kain yang sesuai pesanan.


Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pemesanan satuan di Inanotchi sangat diperbolehkan dan bahkan dianjurkan. Pelanggan inanotchi dapat melihat dan menilai hasil jersey sampel tersebut sebelum memutuskan apakah dapat dilanjutkan jika ingin melakukan pemesanan dalam jumlah yang lebih banyak.


So, tunggu apalagi, kamu bisa melakukan pemesanan jersey di Inanotchi dengan hasil maksimal yaa...











1.179 tampilan
bottom of page