top of page

5 Kegagalan kaos jersey printing sublim yang tidak diketahui banyak orang


1. Warna hasil printing meluber kemana mana (bercak)


Seperti terlihat pada gambar, warna satu masuk ke warna yang lainnya atau kami sebut dengan istilah warna meluber. Kegagalan ini terjadi pada saat proses press kain. Pada saat proses prees kain, kertas dari mesin sublim disatukan dengan kain dry fit polos. Kemudian akan dilewatkan ke mesin roll press. Pada proses press,kain yang sudah melewati roll press akan jatuh ke wadah penyimpanan sementara hasil press. Untuk kasus warna meluber ke warna yang lain itu penyebabnya karena posisi jatuh dari kain itu sendiri.

Jika posisi jatuh dari kain itu bertumpang tindih dengan warna lain di saat kain yang telah melewati mesin press belum kering sepenuh nya, maka akan terjadi kontaminasi warna satu ke warna lainnya.

seharusnya nya, produsen jersey harus mengatisipasi dan melakukan QC extra untuk memastikan kegagalan dibagian ini tidak sampai ke konsumen dan menjadi stigma buruk konsumen terhadap produsen jersey.



2. Kerutan halus di kain


Kerutan halus yang tidak akan hilang dengan disetrika. Kegagalan ini terjadi pada saat proses press kain. Saat kain akan masuk ke roll press, di satu sisi kain belum sempurna meregang. Akibatnya ketika masuk roll press, kain dan kertas tidak sama meregang nya dan kain akan terpress dan membentuk kerutan halus.

Untuk kasus kerutan halus ini, sebenarnya tidak terlalu mencolok kalau dibandingkan kasus melubernya nya warna satu ke warna yang lain. Namun kasus seperti ini tidak boleh dianggap sepele.

Ideal nya, produsen jersey harus menekankan bahwa jersey yang akan dikirimkan ke konsumen semuanya harus sempurna dan layak kirim.




3. Warna tidak sesuai dengan gambar yang dikirim



Pernah juga kami bahas di artikel sebelumnya mengenai "Mengapa warna hasil print pada kaos jersey berbeda dengan tampilan layar?". Yang secara singkat kami jelaskan karena sistem kombinasi warna pada layar monitor/HP dan mesin printing berbeda.

Seharusnya, produsen jersey memiliki sistem approval warna ke konsumen terlebih dahulu sebelum produksi jersey berlangsung.




4. Kehilangan sebagian warna atau warna terbelah

Kasus seperti ini disebabkan kerutan kain saat sebelum masuk mesin roll press. kasus ini lebih ke human error atau kesalahan operator mesin press yang kurang teliti melihat kain saat akan di masukan ke roll press. Saat saya menulis artikel ini, belum ada gambar foto untuk contoh kasus warna terbelah ini.




5. Bercak garis putih pada warna


Bercak garis di sini disebabkan karena ada helai kain yang masuk di antara kertas print dan kain saat akan masuk ke proses press. Kasus seperti ini biasanya tidak terduga oleh operator mesin press nya sendiri. Untuk mengantisipasi nya, mulai dari meletakan kain dry fit polos di tempat yang aman dari kontaminasi benda asing yaitu dengan cara di gantungkan.




Sekian pembahasan "5 Kegagalan kaos jersey printing sublim yang tidak diketahui banyak orang". Tips bagi yang ingin membuat jersey custom, pilih lah produsen jersey yang menekankan jersey kualitas premium. Dari mulai bahan, tinta bahkan proses nya harus dipastikan keamanan dan kualitasnya.














71 tampilan

コメント


bottom of page