top of page

5 Kegagalan kaos jersey printing sublim yang tidak diketahui banyak orang


1. Warna hasil printing meluber kemana mana (bercak)


Seperti terlihat pada gambar, warna satu masuk ke warna yang lainnya atau kami sebut dengan istilah warna meluber. Kegagalan ini terjadi pada saat proses press kain. Pada saat proses prees kain, kertas dari mesin sublim disatukan dengan kain dry fit polos. Kemudian akan dilewatkan ke mesin roll press. Pada proses press,kain yang sudah melewati roll press akan jatuh ke wadah penyimpanan sementara hasil press. Untuk kasus warna meluber ke warna yang lain itu penyebabnya karena posisi jatuh dari kain itu sendiri.

Jika posisi jatuh dari kain itu bertumpang tindih dengan warna lain di saat kain yang telah melewati mesin press belum kering sepenuh nya, maka akan terjadi kontaminasi warna satu ke warna lainnya.

seharusnya nya, produsen jersey harus mengatisipasi dan melakukan QC extra untuk memastikan kegagalan dibagian ini tidak sampai ke konsumen dan menjadi stigma buruk konsumen terhadap produsen jersey.



2. Kerutan halus di kain


Kerutan halus yang tidak akan hilang dengan disetrika. Kegagalan ini terjadi pada saat proses press kain. Saat kain akan masuk ke roll press, di satu sisi kain belum sempurna meregang. Akibatnya ketika masuk roll press, kain dan kertas tidak sama meregang nya dan kain akan ter